Laman

Sabtu, 26 Agustus 2017

Karya Seni Rupa Terapan Jawa Barat

     karya seni rupa terapan adalah sebuah karya yang mempunyai pungsi baik berupa hiasan atau pun karya yang bisa di gunakan sehari hari dalam melkukan aktifitas anda, kali ini saya akan membahas sebuah karya seni rupa terapan yang berada di daerah jawa barat.

1.Kujang (Berfungsi sebagai Senjata )



Kujang merupakan salah satu Senjata khas dan unik dari provinsi Jawa Barat. Selain menjadi salah satu karya seni Kujang bisa di gunakan sebagai sebuah senjata. Awal pembuatan kujang sekitar abad ke-8 atau ke-9.

2.Angklung ( Berfungsi sebagai alat musik)


Angklung juga termasuk salah satu karya seni terapan yang bisa di gunakan sebagai alat musik, dan merupakan salah satu alat musik yang mudah di main kan yaitu dengan cara menggoyangkannnya.

3. Anyaman Bambu ( Sebagai wadah )


Anyaman merupakan karya seni yang membatu kehidupan dan kebudayaan masyarakat, Anyaman banbu di buat untuk membantu masyarakat untuk membawa barang seperti, buah buahan, makanan, pakaian dan lain sebagainya.

4. Payung Geulis 


Kerajinan Payung Geulis termasuk sebuag karya seni terapan, selain untuk melindungi dari sengatan matahari payung ini juga bisa sebagai sebuah pajangan yang mempunyai nilai seni, payung ini berasal dari Tasikmalaya. Payung ini terbuat dari kertas dengan rangka dan batang dari kayu dan bambu.

5. Wayang Golek


Wayang Golek merupakan suatu seni terapan tradisional orang sunda, sebuah boneka yang terbuat dari kayu, yang sangat populer di wilayah Tanah Pasundan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar